BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Menerima Kunjungan dari Mahasiswa Universitas Muria Kudus

15/09/2017 – 10:07

Selasa, 5 September 2017 – BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur kembali menerima kunjungan dari kalangan akademisi. Kali ini, sebanyak 43 (empat puluh tiga) mahasiswa dari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus (UMK) menjadikan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur sebagai salah satu lokasi tujuan kuliah kerja lapangan (KKL). Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa didampingi oleh dua dosen pendamping.

Rombongan mahasiswa UMK diterima oleh Kepala Subbagian Hukum Iwan Fajar Nugroho sebagai Pelaksana harian (Plh.) Kepala Sekretariat Perwakilan dan Kepala Subbagian Humas Siti Rahmawati Arifah. Dalam sambutannya ketika menerima rombongan di Ruang Auditorium, Plh. Kepala Sekretariat Perwakilan menyambut baik kegiatan observasi yang dilakukan UMK ke BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini sekaligus merupakan kesempatan bagi BPK untuk menumbuhkan pemahaman kepada kalangan akademisi mengenai peran BPK sebagai satu-satunya lembaga pemeriksa eksternal dalam mengawal terwujudnya pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Selanjutnya, para mahasiswa UMK mendapat pemaparan dari Ketua Tim Senior pada Subauditorat Jawa Timur III Yulita Prihati Hartanti mengenai BPK secara umum serta BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur secara khusus. Sesi pemaparan ini dipandu oleh Ketua Tim Senior pada Subauditorat Jawa Timur III Nazikah selaku moderator.

Pada kesempatan tersebut, Yulita menerangkan secara singkat antara lain mengenai organisasi, tugas dan wewenang BPK. Kemudian juga dijelaskan hubungan kerja antara BPK dengan lembaga perwakilan (DPR, DPD, DPRD), aparat pengawasan internal pemerintah (BPKP, Inspektorat Jenderal, Inspektorat), dan aparat penegak hukum (Kepolisian, Kejaksaan, KPK). Para mahasiswa juga mendapat penjelasan mengenai jenis-jenis pemeriksaan BPK serta pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan dan penyelesaian kerugian negara/daerah.

Setelah mendapat penjelasan tentang ke-BPK-an, para mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenal BPK lebih dalam melalui sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, para mahasiswa antusias mengajukan berbagai pertanyaan seputar BPK, di antaranya mengenai proses penyerahan LHP BPK dan keterkaitan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dengan kasus korupsi yang masih tetap ada. Kunjungan mahasiswa UMK ditutup dengan pembagian bingkisan kepada peserta yang aktif bertanya pada sesi tanya jawab, pertukaran cinderamata antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur dengan UMK, dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.